Belajar Merancang Strategi Pemasaran Bagi Penjaga Toko

Saat Ini Status
Tidak Terdaftar
Harga
Rp1.750.000
Memulai
This kursus is currently closed

Deskripsi Program

Agar toko dapat berkembang, maka produk yang ditawarkan harus bisa terjual atau dipakai oleh banyak orang. Namun masalahnya, tidak semua penjaga toko mampu memasarkannya secara efektif. Akhirnya banyak peluang yang terlewatkan, dan membuat toko tidak begitu berkembang. Lalu, bagaimana caranya suatu produk secara efekti?

Tentunya Anda perlu melakukan pemasaran dengan beberapa strategi yang ada. Strategi pemasaran produk sendiri adalah strategi yang dirancang untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk atau jasa dengan berbagai proses penjualan di dalamnya.

Sesuai dengan Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020 – Shopkeeper, Anda akan dibimbing untuk membuat strategi serta turunan dari strategi dalam bentuk siasat-siasat pemasaran. Strategi sifatnya luas, maka dari itu kita akan menerjemahkan strategi menjadi program-program pemasaran.

Di dalam pelatihan ini juga Anda akan dibekali dengan kemampuan merancang program pemasaran, yang mana sudah menjadi keniscayaan dalam menjalankan bisnis atau toko dewasa ini. Anda akan dibekali dengan teknik-teknik mengelola pemasaran seperti pembuatan konten, melakukan analisa data dan informasi terkait perencanaan strategis pemasaran produk ritel, hingga mengidentifikasi tanda-tanda (signal) pembelian dari pelanggan.

 

Tujuan Pelatihan

Tujuan Pelatihan (Umum)

Peserta pelatihan mampu merancang strategi pemasaran bagi bisnis / tokonya dengan baik dan sistematis dengan penguasaan minimal 75% di dunia bisnis yang dinamis pada saat unjuk keterampilan

Tujuan Pelatihan (Khusus)

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu;

  • Peserta mampu mengingat apa itu strategi
  • Peserta mampu Membuat Perencanaan Strategis Pemasaran Ritel
  • Peserta mampu membuat profil pelanggan toko sebelum memulai pemasaran
  • Peserta mampu melakukan Aktivitas Pemasaran Digital untuk Bisnis Ritel
  • Peserta mampu memahami langkah langkah untuk membuat toko fisik terlihat baik
  • Peserta mampu melakukan langkah langkah membuat pelanggan loyal

 

Durasi Pelatihan

  1. Sesi 1 Membuat Perencanaan Strategis Pemasaran Ritel (180 menit)
    • Tujuan sesi:
    • Peserta mampu mengingat apa itu strategi
    • Peserta mampu Membuat Perencanaan Strategis Pemasaran Ritel
    • Peserta mampu mengimplementasikan strategi pengelolaan keuangan
  1. Sesi 2 Dasar-dasar pemasaran (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu menjelaskan mengapa pemasaran diperlukan untuk sebuah toko
  • Peserta mampu menguraikan perbedaan pemasaran online dan offline
  • Peserta mampu membuat profil pelanggan toko sebelum memulai pemasaran
  1. Sesi 3 Melakukan Aktivitas Pemasaran Digital untuk Bisnis Ritel (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu melakukan Aktivitas Pemasaran Digital untuk Bisnis Ritel
  • Peserta mampu mengetahui berbagai metode pemasaran online
  1. Sesi 4 Memasarkan produk anda secara tatap muka (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu menunjukkan pemahaman terhadap langkah langkah untuk membuat toko fisik terlihat baik
  • Peserta mampu membedakan fitur dan manfaat dari produk yang dipasarkan di toko
  1. Sesi 5 Strategi pengembangan usaha dengan kepuasan pelanggan (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu membedakan pelayanan yang baik dan buruk
  • Peserta mampu melakukan langkah langkah membuat pelanggan loyal

Total durasi 900 menit

Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNISI)

  • Perencanaan strategis pemasaran
  • Isu-isu internal dan eksternal yang berdampak pada rencana strategi pemasaran
  • Kapabilitas internal dan sumber daya yang relevan dengan perencanaan strategi pemasaran
  • Strategi pemasaran digital

SIKAP KERJA (AFEKSI)

  • Cermat dalam mengakses data dan informasi terkait perencanaan strategis pemasaran produk ritel
  • Teliti dan detail dalam membuat analisa dan rencana strategis bisnis ritel
  • Adaptif saat berkomunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan
  • Melakukan komunikasi efektif untuk mendiskusikan perangkat daring dan aktivitas pemasaran digital yang tepat
  • Kreatif menghasilkan ide-ide untuk keberhasilan pemasaran digital bisnis ritel

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

  • Menerapkan langkah-langkah analisa data dan informasi terkait perencanaan strategis pemasaran produk ritel.
  • Berkomunikasi efektif dengan seluruh pemangku kepentingan
  • Menggunakan jaringan internet untuk mengakses informasi
  • Membuat ulang rencana strategis pemasaran produk ritel
  • Menggunakan perangkat daring untuk pemasaran digital

 

Metode Ajar

Daring

Kelompok Sasaran

Syarat dan Ketentuan Lainnya
1. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik
2. Masyarakat umum yang menjadi penjaga toko atau ingin memiliki toko
3. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan”
4. Pendidikan minimal SMP atau setara
5. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
6. Jarak: tidak terbatas karena pelatihan daring

 

Lembaga Pelatihan

MDIMDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 29 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.

 

Fasilitator Program

Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.

Konten Kursus

Memperluas Semua
You cannot copy content of this page