Silahkan klik link ini untuk FAQ jika kesulitan redeem kupon dan webinar
Deskripsi Program
Menurut World Economic Forum, kemampuan menyelesaikan masalah kompleks termasuk dalam 15 kemampuan yang dibutuhkan dimasa mendatang. Hal ini sejalan dengan semakin peliknya masalah yang ada didalam organisasi. Hal ini tentu menunjukkan seberapa dibutuhkan kemampuan ini dalam angkatan kerja.
Dengan mengikuti pelatihan ini, anda akan mendapatkan langkah langkah spesifik bagaimana memprioritaskan masalah, mencari sebab utama masalah, mencari alternative tindakan dan juga menentukan rencana implementasi solusinya.
Dibawakan oleh tenaga instruktur yang sudah tersertifikasi dibidangnya dan dibawahkan menggunakan kasus-kasus real yang tentunya akan sangat membantu anda untuk bersaing menjadi manajer pabrik yang kompeten.
Setelah mengikuti program ini, anda akan meningkatkan kompetensi anda sebagai manajer pabrik untuk bisa membantu organisasi anda menghadapi tantangan bisnis kedepannya.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Di akhir pelatihan para peserta mampu menyelesaikan masalah yang ada didalam kasus umum yang terjadi diorganisasi.
Tujuan Pelatihan (Khusus)
> Peserta mampu melihat masalah diorganisasi sebagai peluang
> Peserta mampu menjelaskan bagaimana memprioritaskan masalah yang ada
> Peserta mampu mendefinisikan masalah yang ada
> Peserta mampu menemukan akar masalah yang utama
> Peserta mampu berpikir kreatif untuk menemukan solusi
> Peserta mampu mengelola pihak terkait dalam menyelesaikan masalah
Durasi Pelatihan
1a. Sesi webminar 1 Analisa situasi: Mindset Penyelesaian masalah (45 menit)
1b. Sesi webminar 1 Analisa situasi: Mendefinisikan masalah (45 menit)
2. Sesi webminar 2 Menganalisis masalah (90 menit)
3. Sesi webminar 3 Analisa keputusan (90 menit)
4. Sesi webminar 4 Analisa masalah potensial (90 menit)
Total durasi 360 menit
Aspek Kompetensi
Pengetahuan (Knowledge)
Pengetahuan:
1. Masalah sebagai peluang (aspek ini bisa dilihat di Materi: Sesi webminar 1a Analisa situasi: Mindset Penyelesai masalah)
2. perbedaan Masalah kompleks dan masalah sederhana (Aspek ini bisa dilihat di Materi: Sesi webminar 1a Analisa situasi: Mindset Penyelesai masalah
3. Teknik mendefinisikan masalah (aspek ini bisa dilihat di Sesi webminar 1b Analisa situasi: Mendefinisikan masalah)
4. Alat-alat menggali akar masalah (aspek ini bisa dilihat di Sesi webminar 2 Menganalisis masalah)
5. Alat-alat berpikir kreatif (aspek ini bisa dilihat di sesi webminar 3 Analisa keputusan)
6. teknik memilih solusi terbaik (aspek ini bisa dilihat di sesi webminar 3 Analisa keputusan)
7. identifikasi pemangku kepentingan (aspek ini bisa dilihat di Sesi webminar 4 Analisa masalah potensial)
Note: standard kompetensi dari buku best selling The rational manager oleh Charles H. Kepner & Benjamin B. Tregoe
Keterampilan (Skill)
1. Menentukan mana masalah yang kompleks dan sederhana (aspek ini bisa dilihat di Materi: Sesi webminar 1a Analisa situasi: Mindset Penyelesai masalah)
2. Menyelesaikan masalah sederhana (aspek ini bisa dilihat di Materi: Sesi webminar 1a Analisa situasi: Mindset Penyelesai masalah)
3. Mendefinisikan masalah dengan konsep 5W1H (aspek ini bisa dilihat di Sesi webminar 1b Analisa situasi: Mendefinisikan masalah)
4. Mencari akar utama dari masalah (aspek ini bisa dilihat di Sesi webminar 2 Menganalisis masalah)
5. Mengembangkan alternatif solusi secara kreatif (aspek ini bisa dilihat di sesi webminar 3 Analisa keputusan)
6. Memilih solusi terbaik untuk masalah yang ada (aspek ini bisa dilihat di sesi webminar 3 Analisa keputusan)
7. Menentukan pendekatan yang tepat untuk pemangku kepentingan (aspek ini bisa dilihat di Sesi webminar 4 Analisa masalah potensial)
Note: standard kompetensi dari buku best selling The rational manager oleh Charles H. Kepner & Benjamin B. Tregoe
Sikap (Attitude)
1. Optimis dalam melihat masalah (aspek ini bisa dilihat di Materi: Sesi webminar 1a Analisa situasi: Mindset Penyelesai masalah)
2. Sistematis dalam mendefinisikan masalah (aspek ini bisa dilihat di Sesi webminar 1b Analisa situasi: Mendefinisikan masalah)
3. Kritis dalam mencari akar masalah (aspek ini bisa dilihat di Sesi webminar 2 Menganalisis masalah)
4. Kreatif dalam mencari solusi (aspek ini bisa dilihat di sesi webminar 3 Analisa keputusan)
5. objektif dalam memilih solusi (aspek ini bisa dilihat di sesi webminar 3 Analisa keputusan)
6. berpikir luas terkait berbagai kemungkinan (aspek ini bisa dilihat di Sesi webminar 4 Analisa masalah potensial)
Note: standard kompetensi dari buku best selling The rational manager oleh Charles H. Kepner & Benjamin B. Tregoe
Metode Ajar
Webinar
Jadwal Pelatihan
Jumat, Apr 1, 2022 10:00 AM
Jumat, Apr 8, 2022 10:00 AM
Jumat, Apr 15, 2022 10:00 AM
Jumat, Apr 22, 2022 10:00 AM
Jumat, Apr 29, 2022 10:00 AM
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Jumat jam 8.00 – 9.00 WIB (60 menit) bersama Billy Johanes
Kelompok Sasaran
> peserta yang berperan mengambil keputusan atau memberi saran dipabrik khusunya manajer pabrik atau supervisor pabrik
> Mampu memahami bahasa Indonesia dengan baik
> Minimal setara SMP sederajat dapat mengikuti pelatihan ini
> Mampu memahami bahasa Indonesia dengan baik
> Mampu mengoperasikan laptop/komputer/handphone untuk mengikuti pelatihan
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 28 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional instruktur dalam bidang pemecahan masalah dan inovasi. Billy Johanes Sibby telah membantu banyak perusahaan manufaktur seperti Frisian Flag Indonesia, Nestle Indonesia, Toyota Indonesia dan masih banyak lagi untuk mengembangkan kompetensi karyawannnya khusunya dibidang penyelesaiaan masalah kompleks.
Romy Riyanto memulai karir sebagai karyawan di berbagai perusahaan jasa keuangan di Indonesia seperti ANZ Bank, Standard Chartered Bank, dan DBS Indonesia dan Prudential Life Assurance.
Setelah menjadi tenaga peraga penjualan, Romy Riyanto menfokuskan dirinya untuk membagikan pengalaman menyelesaikan masalah kepada rekan-rekan diberbagai perusahaan seperti Bank BRI, Abbot Indonesia, Nestle Indonesia dan masih banyak perusahaan lainnya.