Deskripsi Program
Kompetensi memasarkan produk menjadi sangat penting dalam kondisi sulit saat ini. Dipelatihan ini kita akan bersama-sama membahas secara bertahap mencari, mendapatkan, mempertahankan, bahkan memperbanyak konsumen. Sayangnya, strategi pemasaran jauh berbeda bahkan lebih luas dan juga kompleks sehingga kita perlu menyesuaikan berbagai jenis bisnis atau produk yang ingin di jual. Untuk itu, dibutuhkan kompetensi untuk identifikasi konsumen, dalam memilih strategi promosi, dan langkah yang tepat untuk bisa memaksimalkan penjualan. Dengan adanya kompetensi ini, Anda akan mampu untuk menyambut peluang sehingga Anda bisa menciptakan promosi yang dapat menarik perhatian konsumen. Program ini sangat cocok bagi Anda yang tengah bersiap dalam untuk potensi yang lebih luas bahkan bagi Anda yang baru memulai usaha. Setelah mengikuti program ini, anda akan mampu meningkatkan penjualan hingga mengetahui strategi dan kemampuan dalam bernegosiasi.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Di akhir pelatihan, peserta mampu mengimplementasikan strategi pemasaran sesuai dengan kebutuhan UMKM masing-masing baik secara online maupun tatap muka.
Tujuan Pelatihan (Khusus)
> Peserta mampu mengidentifikasi konsumen yang menjadi target pasar
> Peserta mampu memasarkan produk secara online menggunakan Teknik menulis copy (copywriting)
> Peserta mampu memasarkan produk secara tatap muka kepada pelanggan sesuai dengan target pasar
> Peserta mampu menjaga kepuasan pelanggan agar menjadi pelanggan yang loyal
Durasi Pelatihan
1. Dasar-dasar pemasaran (23.20 menit)
• Apa itu pemasaran? 5.00
• Pemasaran online vs Pemasaran offline 5.00
• Omset Ku Tangkap (02.23)
• Sebelum melakukan Promosi (04.25)
• Buyer persona (06.32)
2. Memasarkan produk anda secara online (322.29 menit)
• Meningkatkan omset dengan memasarkan produk secara online (04.51)
• Mengetahui Waktu yang Baik Dalam Berjualan (05.37)
• Cara Membuat Judul (05.09)
• Strategi Jualan Lewat Tulisan (03.29)
• Buntu Saat Menulis (04.03)
Webminar 1: Meningkatkan omset UMKM (2.30.00)
Webminar 2: Cara Membuat Brosur Dengan Aplikasi Gratis (2.30.00)
3. Memasarkan produk anda secara tatap muka (20.06 menit)
• Dikejar-kejar Konsumen (04.21)
• Attention Getter (02.07) –
• Selling with Benefit (02.40)
• Sales Closing (08.38) –
• Selling Tips (03.00)
• Memberi Kepuasan Pelanggan (06.11)
4. Menjaga kepuasan pelanggan (11.34 menit)
• Pentingnya memberi kepuasan pelanggan (06.11)
• Kunci melayani pelanggan (05.23)
Total durasi 375 menit
Aspek Kompetensi
Pengetahuan (Knowledge)
I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.001.01 (Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan)
A. Pengetahuan: Konsep dasar pemasaran (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 1.1 tentang apa itu pemasaran: menit 1.00-3.50 dan modul 1.2 pemasaran online vs pemasaran tatap muka: menit 0.30-4.00)
II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.003.01 (Melaksanakan Penulisan bisnis)
B. Pengetahuan: Konsep komunikasi bisnis (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 2.3 Cara membuat judul: menit 1.00-4.00 dan modul 2.4 Strategi jualan lewat tulisan: menit 1.00-3.50 dan modul 3.3 Selling with benefit: menit 0.30-02.40)
Keterampilan (Skill)
I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.007.01 (Mewujudkan kepuasan pelanggan)
A. Keterampilan: Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 1.5 tentang Buyer Persona: menit 1-6, 4.2 tentang Kunci melayani pelanggan: menit 00.22-05.08)
II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.003.01 (Melaksanakan Penulisan bisnis)
B. Keterampilan: Komunikasi antar individu atau kelompok (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 2.5 tentang Buntu saat menulis: menit 1-4
Sikap (Attitude)
I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.001.01 (Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan)
A. Sikap: Perhatian pada detail lingkungan usaha
(Aspek ini bisa dilihat di materi Sebelum melakukan Promosi: menit 00.08-04.06)
II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): M.702090.003.01 (Melaksanakan Penulisan bisnis)
B. Sikap: Cekatan dalam melakukan adaptasi dengan gaya pembeli
(Aspek ini bisa dilihat di modul 1.5 tentang Buyer Persona: menit 1-6, 4.2 tentang Kunci melayani pelanggan: menit 00.22-05.08)
Metode Ajar
Hybrid
Jadwal Pelatihan
Rabu, Apr 13, 2022 10:00 AM
Rabu, Apr 20, 2022 10:00 AM
Rabu, Apr 27, 2022 10:00 AM
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Jumat jam 8.00 – 9.00 WIB (60 menit) bersama Arif Hidayat
Kelompok Sasaran
Orang yang bekerja atau ingin bekerja di industri UMKM sebagai tenaga pemasaran atau marketing.
Persyaratan:
1. Peralatan yang harus dimiliki laptop atau handphone untuk mengikuti kelas
2. Memiliki produk atau jasa yang ingin dipasarkan
3. Minimal setara SMA Sederajat.
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 28 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.