Deskripsi Program
Toko merupakan tempat yang umumnya biasa diakses masyarakat, dikenal sebagai pusat perbelanjaan yang masih tradisional. Memiliki usaha toko di saat seperti ini, bukanlah yang mudah. Kompetisi begitu banyak, di tengah gempuran menjamurnya bisnis ritel di Indonesia. Belum lagi berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, membuat para konsumen memiliki pergeseran dalam caranya membeli suatu produk. Tentu semua ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda calon pemilik toko. Untuk itu, calon pemilik toko harus mampu beradaptasi dengan perubahan dan mampu menciptakan keunikanpada usaha yang dijalankannya.
Sebagai pelaku usaha khususnya calon pemilik toko, tentu perlu memiliki keterampilan yang baik agar toko terus menghasilkan pundi-pundi uang. Namun keterampilan saja tidaklah cukup. Butuh kejujuran, ketekunan, dan sikap pantang menyerah agar dapat tetap bersaing dengan ritel modern ataupun kompetitor lainnya, saat ini. Karena itu, pelatihan ini dirancang secara khusus agar Anda mampu memulai usaha toko dan dapat mengembangkan bisnis anda secara efektif.
Setelah mengikuti program ini, Anda akan mampu memulai usaha toko perdagangan dan mengembangkannya dengan dengan materi yang sudah diajarkan minimal sebanyak 1 kali
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Setelah mengikuti program ini, Peserta mampu memulai usaha toko perdagangan dan mengembangkan usaha toko perdagangan dengan dengan materi yang sudah diajarkan minimal sebanyak 1 kali
Tujuan Pelatihan (Khusus)
> Peserta mampu menentukan jenis toko yang sesuai
> Peserta memiliki sikap yang sesuai dalam memulai usaha toko perdagangan
> Peserta mampu menganalisa kompetisi usaha
> Peserta mampu menentukan barang yang produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar
> Peserta mampu membuat taktik pemasaran untuk mengembangkan usaha toko perdagangan
> Peserta mampu menjaga kepuasan pelanggan
Durasi Pelatihan
1. Jenis Toko dan prospek industri Bagi pemilik Toko (47 menit)
1.1 Jenis jenis toko (09.10)
1.2 Prospek toko perdagangan makanan kedepannya part 1 (09.36)
1.3 Prospek toko perdagangan makanan kedepannya part 2 (05.14)
1.4 Prospek toko perdagangan elektronik kedepannya part 1 (07.56)
1.5 Prospek toko perdagangan elektronik kedepannya part 2 (05.07)
1.6 Prospek toko perdagangan kelontong kedepannya 1 (09.51)
2. Dasar-dasar memulai usaha part 1 (46 menit)
2.1 Sikap yang diperlukan dalam merintis usaha (07.27)
2.2 Sikap yang diperlukan dalam merintis usaha (06.44)
2.3 Motivasi untuk bisa sukses dan tetap optimis (9.45)
2.4 Buat perencanaan yang matang (10.00)
2.5 Memahami Kompetisi Usaha 1 (06.59)
2.6 Memahami Kompetisi Usaha 2 (04.56)
3. Dasar-dasar memulai usaha part 2 (113 menit)
3.1 Menentukan barang yang dijual 1 (06.38)
3.2 Menentukan barang yang dijual 2 (03.55)
3.3 Menentukan harga jual barang part 1 (08.19)
3.4 Menentukan harga jual barang part 2 (06.43)
3.5 Pengelolaan keuangan dasar bagi pemilik toko 1 (06.53)
3.6 Pengelolaan keuangan dasar bagi pemilik toko 2 (07.49)
3.7 Analisa konsumen untuk produk makanan & Minuman (9.24)
3.8 Analisa konsumen untuk produk teknologi (6:20)
3.9 Menguasai keunggulan produk (9:33)
3.10 Memahami kaidah fitur dan manfaat (8:43)
3.11 Menganalisa produk kompetitor (9:50)
3.12 Mengatasi keberatan konsumen (9:57)
3.13 Membuat Prosedur keamanan (9:21)
3.14 Mencegah Pencurian Dan Kehilangan Toko (9:56)
4. Memahami Teknik Pemasaran untuk pengembangan usaha (48 menit)
4.1 Apa itu pemasaran? (7.46)
4.2 Sebelum melakukan Promosi (4.25)
4.3 Pemasaran online vs Pemasaran offline (7.18)
4.4 Omset Ku Tangkap (02.23)
4.5 Buyer persona (06.32)
4.6 Menerapkan Strategi Referral (08.38)
4.7 Kiat menarik pelanggan dengan Promo part 1 (4:03)
4.8 Kiat menarik pelanggan dengan Promo part 2 (7:54)
5. Memahami Teknik Pemasaran Daring untuk pengembangan usaha (73 menit)
5.1 Meningkatkan omset dengan memasarkan produk secara online (04.51)
5.2 Membuat konten untuk menarik konsumen secara daring – Part 1 (9:56)
5.3 Membuat konten untuk menarik konsumen secara daring – Part 2 (6:53)
5.4 Memaksimalkan alat yang ada untuk mengambil foto dan video produk (8:36)
5.5 Mengoptimalkan Sosial media untuk menjual produk – Part 1 (7:20)
5.6 Mengoptimalkan Sosial media untuk menjual produk – Part 2 (7:30)
5.7 Mengetahui Waktu yang Baik Dalam Berjualan (05.37)
5.8 Cara Membuat Judul (05.09)
5.9 Strategi Jualan Lewat Tulisan (03.29)
5.10 Buntu Saat Menulis (04.03)
5.11 Menggunakan Shopee dan Tokopedia untuk menjual produk (9:58)
6. Strategi pengembangan usaha dengan kepuasan pelanggan (38 menit)
6.1 Pentingnya memberi kepuasan pelanggan (06.11)
6.2 Kunci melayani pelanggan (05.23)
6.3 Memahami Layanan Pesan & Antar (09.49)
6.4 Apa itu service (3:32)
6.5 Service excellence (7:25)
6.6 First impression on the phone (2:43)
6.7 Human touch (3:03)
Total durasi 365 menit
Aspek Kompetensi
Pengetahuan (Knowledge)
Pengetahuan:
1. Peserta dapat mengetahui dasar-dasar memulai usaha
Dapat dilihat pada Materi:
Modul 1.1 Jenis-jenis toko (menit 5.00-9.00)
Modul 2.5 Memahami Kompetisi Usaha 1 (menit3.00-5.30)
Modul 3.1 Menentukan barang yang dijual 1 (menit 2.40-5.40)
Modul 3.2 Menentukan barang yang dijual 2 (menit 1.00-3.00)
2. Peserta dapat mengetahui teknik pemasaran dasar
Dapat dilihat pada Materi:
Modul 4.5 Buyer persona (menit 02.30-6.00)
Modul 4.6 Menerapkan Strategi Referral (menit 1.30-6.40)
Modul 4.7 Kiat menarik pelanggan dengan Promo part 1 (menit 2:00-4.00)
3. Peserta dapat mengetahui situasi kompetisi usaha yang dihadapi
Dapat dilihat pada Materi:
Modul 2.5 Memahami Kompetisi Usaha 1 (menit 1.30-4.00)
4. Peserta dapat mengetahui produk yang sesuai dengan pasar
Dapat dilihat pada Materi:
Modul 3.1 Menentukan barang yang dijual 1 (menit 2.15-5.30)
5. Peserta dapat mengetahui teknik menentukan harga
Dapat dilihat pada Materi:
3.3 Menentukan harga jual barang part 1 (menit 3.15-7.25)
3.4 Menentukan harga jual barang part 2 (menit 2.15-5.30)
Keterampilan (Skill)
Keterampilan:
1. Peserta dapat melakukan pengelolaan keuangan dasar
Dapat dilihat pada Materi:
3.5 Pengelolaan keuangan dasar bagi pemilik toko 1 (menit 2.15-6.00)
3.6 Pengelolaan keuangan dasar bagi pemilik toko 2 (menit 1.30-7.00)
2. Peserta dapat Mengenali dan menilai risiko dalam penerapan solusi perdagangan daring
Dapat dilihat pada Materi:
5.11 Menggunakan Shopee dan Tokopedia untuk menjual produk (menit 4:30-8.30)
5.1 Meningkatkan omset dengan memasarkan produk secara online (menit 02.00-4.30)
3. Peserta Mampu menentukan produk untuk dijual
Dapat dilihat pada Materi:
3.1 Menentukan barang yang dijual 1 (menit 3.00-5.30)
3.2 Menentukan barang yang dijual 2 (menit 1.30-3.00)
4. Peserta Mampu menyusun promosi usaha
Dapat dilihat pada Materi:
4.7 Kiat menarik pelanggan dengan Promo part 1 (menit 1:00-4.00)
4.8 Kiat menarik pelanggan dengan Promo part 2 (menit 2.00-6.00)
5. Peserta Mampu menyusun promosi daring usaha
Dapat dilihat pada Materi:
5.2 Membuat konten untuk menarik konsumen secara daring – Part 1 (menit 3.00-8.00)
5.3 Membuat konten untuk menarik konsumen secara daring – Part 2 (menit 3.20- 5.40)
5.4 Memaksimalkan alat yang ada untuk mengambil foto dan video produk (menit 3.00-7.00)
5.5 Mengoptimalkan Sosial media untuk menjual produk – Part 1 (menit 3.00-7:20)
5.6 Mengoptimalkan Sosial media untuk menjual produk – Part 2 (menit 2.40-6.40)
Sikap (Attitude)
Sikap:
1. Bersikap cermat
Dapat dilihat pada Materi:
3.5 Pengelolaan keuangan dasar bagi pemilik toko 1 (menit 2.30-5.00)
2. Bersikap Teliti dalam menghitung harga
Dapat dilihat pada Materi:
3.3 Menentukan harga jual barang part 1 (menit 1.30-7.30)
3. Bersikap pantang menyerah (daya juang tinggi)
Dapat dilihat pada Materi:
2.1 Sikap yang diperlukan dalam merintis usaha (menit 1.00-7.00)
2.2 Sikap yang diperlukan dalam merintis usaha (menit 3.00-6.00)
4. Bersikap Teliti ketika membuat perencanaan
Dapat dilihat pada Materi:
2.4 Buat perencanaan yang matang (menit 4.00-8.00)
5. Bersikap optimis
Dapat dilihat pada Materi:
2.3 Motivasi untuk bisa sukses dan tetap optimis (9.45)
Metode Ajar
LMS
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Jumat jam 9.00 – 10.00 WIB (60 menit) bersama Arif Hidayat, S.S
Kelompok Sasaran
Orang yang ingin memulai usaha toko perdagangan atau orang yang ingin mengembangkan toko perdagangannya
Persyaratan:
1. Peralatan yang harus dimiliki laptop atau handphone untuk mengikuti kelas
2. Memiliki produk atau jasa yang ingin dipasarkan
3. Pendidikan SLTA atau sederajat
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 28 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.