Deskripsi Program
Bagi pengelola toko, kemampuan menjual secara tatap muka maupun daring adalah suatu kemampuan yang sangat dibutuhkan di era saat ini. Biasanya kesempatan menjual ini terjadi sangat cepat sehingga apabila tidak dipersiapkan dengan baik, banyak kesempatan penjualan yang akan hilang.
Program ini dirancang khusus untuk anda yang ingin menjadi pengelola toko yang handal dalam menjual barang dagangan baik secara tatap muka maupun daring.
Setelah mengikuti program ini, Anda akan mampu meningkatkan kompetensi untuk menjadi pengelola toko yang handal dalam menjual sehingga diharapkan bisa meningkatkan penjualan produk Anda.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Di akhir pelatihan, peserta mampu menjual barang dan jasa kepada pengunjung toko baik secara daring maupun tatap muka
Tujuan Pelatihan (Khusus)
1. Peserta memiliki sikap pantang menyerah dalam menjadi pengelola toko
2. Peserta mampu menganalisa pelanggan yang potensial dan mampu memprioritaskannya
3. Peserta mampu mencari informasi yang dibutuhkan untuk melakukan penjualan
4. Peserta menggali kebutuhan pelanggan
5. Peserta mampu menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dari pelanggan
6. Peserta mampu membuat aktivitas kegiatan dan target penjualan harian
Durasi Pelatihan
1. Jenis Toko dan prospek industri Bagi pengelola Toko (47 menit)
1.1 Jenis jenis toko (09.10)
1.2 Prospek toko perdagangan makanan kedepannya part 1 (09.36)
1.3 Prospek toko perdagangan makanan kedepannya part 2 (05.14)
1.4 Prospek toko perdagangan elektronik kedepannya part 1 (07.56)
1.5 Prospek toko perdagangan elektronik kedepannya part 2 (05.07)
1.6 Prospek toko perdagangan kelontong kedepannya 1 (09.51)
2. Memahami konsumen
2.1 Memahami Tipe Kepribadian Dasar Manusia (8:01)
2.2 6 Tipe konsumen dan cara mengatasinya (9:19)
2.3 Target konsumen berdasarkan statistik (8:19)
2.4 Analisa konsumen untuk produk makanan & Minuman (9:24)
2.5 Analisa konsumen untuk produk teknologi (6:20)
2.6 Attention Getter (2:07)
2.7 (Artikel) Kiat Meningkatkan Penjualan Bagi Peraga Penjual (7:05)
3. Menguasai produk dan menganalisa kompetitor
3.1 Menguasai keunggulan produk (9:33)
3.2 Memahami kaidah fitur dan manfaat (8:43)
3.3 Menganalisa produk kompetitor (9:50)
3.4 Mengatasi keberatan konsumen (9:57)
3.5 Selling Benefit (2:40)
3.6 (Podcast) Cara Menjual Apapun Dimanapun Hingga Kalahkan Ribuan Sales (9:29)
3.7 (Artikel) Keahlian Yang Harus Dimiliki Seorang Peraga Penjualan (5:31)
4. Persiapan melakukan penjualan langsung
4.1 Memastikan toko fisik atau stan terlihat baik – Part 1 (7:22)
4.1 Memastikan toko fisik atau stan terlihat baik – Part 2 (8:11)
4.2 Memilih lokasi dan waktu yang sesuai (9:33)
4.3 Persiapan untuk melakukan jualan (8:20)
4.4 Tampil Sebagai Sales professional – Part 1 (7:55)
4.4 Tampil Sebagai Sales Professional – Part 2 (6:34)
4.5 Kiat memberikan promo dan penawaran menarik (7:49)
4.6 Menggunakan Google My Maps Untuk Membuat Peta Kunjungan – Part 1 (9:23)
4.6 Menggunakan Google My Maps Untuk Membuat Peta Kunjungan – Part 2 (7:26)
4.7 Membuat rencana aktivitas dan Database pelanggan (8:31)
4.8 Kiat mengatur keuangan dengan lebih efektif dan efisien (8:37)
5. Persiapan dan Kiat melakukan penjualan daring
5.1 Kenapa harus menjual produk melalui daring – Part 1 (8:34)
5.1 Kenapa harus menjual produk melalui daring – Part 2 (4:02)
5.2 Membuat konten untuk menarik konsumen secara daring – Part 1 (9:56)
5.2 Membuat konten untuk menarik konsumen secara daring – Part 2 (6:53)
5.3 Memaksimalkan alat yang ada untuk mengambil foto dan video produk (8:36)
5.4 Mengoptimalkan Sosial media untuk menjual produk – Part 1 (7:20)
5.4 Mengoptimalkan Sosial media untuk menjual produk – Part 2 (7:30)
5.5 Menggunakan Shopee dan Tokopedia untuk menjual produk (9:58)
5.6 (Podcast) Viralnya Tiktok Ini Bisa Meningkatkan Penjualan Anda (9:14)
5.7 (Podcast) Di Hujat Karena Jualan Di TikTok, Freddy Tetap Percaya Diri (9:41)
6 . Membangun Mindset Sales Yang Baik
6.1 Memberikan pelayanan purna jual untuk kepuasan pelanggan (8:20)
6.2 Motivasi untuk bisa sukses dan tetap optimis (9:45)
6.3 Menghindari pelanggaran yang bisa merusak nama baik (9:52)
6.4 Yang perlu dipertimbangkan dalam berkarir sebagai sales (8:09)
6.5 (Podcast) Motivasi Hidup dan Nasihat Dari Sales Otomotif Terbaik (8:20)
6.6 (Podcast) Cara Membangun Hubungan Dengan Konsumen dan Tips Konten Untuk Iklan (9:49)
6.7 (Artikel) Citra Diri Positif, Hal Wajib Yang Harus Dimiliki Sales (2:16)
Total durasi 381 menit
Aspek Kompetensi
Pengetahuan (Knowledge)
Pengetahuan
1. Mengetahui tipe kepribadian dasar manusia
Dapat dilihat pada Materi:
2.1 Memahami Tipe Kepribadian Dasar Manusia (menit 2.00-7.30)
2. Mengetahui 6 tipe konsumen
Dapat dilihat pada Materi:
2.2 6 Tipe konsumen dan cara mengatasinya (menit 1.05-7.00)
3. Mengetahui kaidah fitur dan manfaat
Dapat dilihat pada Materi:
3.2 Memahami kaidah fitur dan manfaat (menit 2.00-6.40)
4. Mengetahui alasan menjual secara daring
Dapat dilihat pada Materi:
5.1 Kenapa harus menjual produk melalui daring – Part 1 (menit 1.30-7.40)
5.1 Kenapa harus menjual produk melalui daring – Part 2 (menit 1.15- 3.40)
Keterampilan (Skill)
Keterampilan:
1. Mengelola berbagai tipe pelanggan
Dapat dilihat pada Materi:
2.2 6 Tipe konsumen dan cara mengatasinya (menit 1.00-8.00)
2. Mendapatkan perhatian pelanggan
Dapat dilihat pada Materi:
2.6 Attention Getter (menit 0.30-2.00)
3. Menangani keberatan pelanggan
Dapat dilihat pada Materi:
3.4 Mengatasi keberatan konsumen (Menit 1.30-8.30)
3.5 Selling Benefit (menit 0.30-2.40)
4. Membuat aktivitas penjualan
Dapat dilihat pada Materi:
4.7 Membuat rencana aktivitas dan Database pelanggan (menit 2.15-6.30)
5. Membuat konten untuk penjualan daring
Dapat dilihat pada Materi:
5.2 Membuat konten untuk menarik konsumen secara daring – Part 1 (menit 3.30-8.00)
5.2 Membuat konten untuk menarik konsumen secara daring – Part 2 (menit 1.30-5.30)
5.3 Memaksimalkan alat yang ada untuk mengambil foto dan video produk (menit 2.00-7.30)
5.4 Mengoptimalkan Sosial media untuk menjual produk – Part 1 (menit 3.30-7:20)
6. Melakukan pelayanan purna jual
Dapat dilihat pada Materi:
6.1 Memberikan pelayanan purna jual untuk kepuasan pelanggan (menit 2.00-7.30)
Sikap (Attitude)
Sikap:
1. Memiliki sikap optimis
Dapat dilihat pada Materi:
6.2 Motivasi untuk bisa sukses dan tetap optimis (menit 1.30-7.00)
2. Memiliki sikap mampu dipercaya
Dapat dilihat pada Materi:
6.3 Menghindari pelanggaran yang bisa merusak nama baik (menit 2.00-9:52)
3. Bersikap empati terhadap pelanggan
Dapat dilihat pada Materi:
3.4 Mengatasi keberatan konsumen (menit 2.00-8.00)
Metode Ajar
LMS
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Jumat jam 16.00 – 17.00 WIB (60 menit) bersama Nur Fadhilah, SEi
Kelompok Sasaran
- Lulusan baru yang ingin terjun ke dunia retail; Orang yang ingin meningkatkan kemampuan dalam bidang penjualan, baik menjual produk sendiri, atau toko tempat anda bekerja.1. Minimal setara SMA Sederajat
2. Mampu mengoperasikan laptop/komputer/handphone untuk mengikuti pelatihan
3. Mampu memahami Bahasa Indonesia dengan baik
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 28 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Nur Fadhilah memulai karirnya dalam bidang marketing dan penjualan di beberapa perusahaan, seperti PT Smartfren Telecom Tbk, AXA Financial, Jendela360, dan pernah menjadi staff magang di Bank Indonesia Jawa Timur.
Sebelumnya, Nur Fadhilah aktif mengikuti banyak organisasi, Seperti pernah menjadi wakil-ketua HIMA, Wakil-Ketua Olimpiade Nasional FoSSEI, dan berkesempatan mendapat Beasiswa dari XL Future Leaders untuk mengikuti training Leadership dan softskills.